PLURALISME DAN INKLUSIVISME: Analisa Kritik Terhadap Pemikiran Nurcholish Madjid

Authors

  • muhammad rusydi uin jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v13i2.13

Keywords:

Modernisme, Liberalisme, Ekslusif, Pluralisme, Fundamentalisme

Abstract

Nurcholish Madjid adalah seorang intelektual yang mendapat dua pola pendidikan yaitu tradisionalis dan modernis sekaligus. Kemudian ia memperdalam keilmuannya melalui bacaan khazanah Barat dan Islam. Dari dua pola pendidikan dan rujukan keilmuan ini ia mengembangkan pemikiran lalu mengemukakan wacana keagamaan yang pluralis dan inklusif. Dari wacana keagamaan yang pluralis dan inklusif lalu berkembang menjadi wacana pluralisme dan inklusivisme yakni keterbukaan, kebersamaan, toleransi, ukhuwah, dan saling menghormati. Dalam pluralisme dan inklusivisme beragama tidak ada sikap mutlak-mutlakan yaitu sikap merasa benar sendiri dan menganggap orang lain salah. Pemahaman pluralisme dan inklusivisme keberagamaan ini mempunyai rujukan dalam Islam dan dapat ditelusuri pada sumber Islam yang autentik. Pluralisme dan inklusivisme keberagamaan Islam sudah dibuktikan dalam perjalanan sejarah Islam sejak masa awal.

References

Abdurrahman, Moeslim, Islam Transformatif, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997).

Ali, Fachry, dan Bahtiar Effendy, Merambah Jalan Baru Islam Rekonstruksi Pemikiran Islam Indonesia Masa Orde Baru, (Bandung: Mizan, 1986).

Anwar, M. Syafi’i, Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia Sebuah Kajian Politik tentang Cendikiawan Muslim Orde Baru, (Jakarta: Pararmadina, 1995).

Azra, Azyumardi, Menuju Masyarakat Madani Gagasan Fakta dan Tantangan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000).

Barton, Greg, The Emergence of Neo-Modernism A Progressive Liberal Movement of Islamic Thought In Indonesia A Textual Study Study Examining The Writings of Nurcholish Madjid Djohan Effendi Ahmad Wahib and Abdurrahman Wahid 1968-1980, terjemahan dengan judul, Gagasan Islam Liberal di Indonesia Pemikiran Neo-Modernisme Nurcholish Madjid Djohan Effendi Ahmad Wahib dan Abdurrahman Wahid, (Jakarta: Paramadina-Pustaka Antara dan Adikarya-The Ford Foundation, 1999).

Coward, Harold, Pluralism Challenge to World Religion, (New York: Orbis Book, 1985).

Dimont, Max I., The Indestructible Jews, (New York: New American Library, 1973).

Handrianto, Budi, 50 Tokoh Islam di Indonesia Pengusung Ide Sekularisme Pluralisme dan Liberalisme Agama, (Jakarta: Hujjah Press, 2007).

Husaini, Adian, dalam http://adianhusaini.blogspot.com /2007/03/kritik-terhadap-ensiklopedi-nurcholish.html.

Husaini, Adian, dan Nuim Hidayat, Islam Liberal Sejarah konsepsi Penyimpangan dan Jawabannya, (Jakarta: Gema Insani, 2002).

Husaini, Adian, Islam Liberal Pluralisme Agama dan Diabolisme Intelektual, (Surabaya: Risalah Gusti, 2005).

Madjid, Nurcholish, Islam Agama Kemanusiaan Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia, (Jakarta: Paramadina, 1995).

-------, Dialog Keterbukaan Artikulasi Nilai Islam dalam Wacana Sosial Politik Kontemporer, (Jakarta: Paramadina, 1998).

-------, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, (Bandung: Mizan, 1999).

-------, Islam Agama Peradaban Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah, (Jakarta: Paramadina, 2000).

-------, Islam Doktrin dan Peradaban Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan Kemanusiaan dan Kemodernan, (Jakarta: Paramadina, 2000).

Majalah HumOr, “Apa Kata Kiai Saja”, no. 52/25 wawancara bulan Nopember – 8 Desember 1992.

Malik, Dedy Djamaluddin, dan Idi Subandy Ibrahim, Zaman Baru Islam Indonesia Pemikiran dan Aksi Politik Abdurrahman Wahid M. Amin Rais Nurcholish Madjid dan Jalaluddin Rakhmat, (Bandung, Zaman Wacana Mulia, 1998).

Nadroh, Siti, Wacana Keagamaan dan Politik Nurcholish Madjid, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999).

Rachman, Budhy Munawar, Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah, (Jakarta: Paramadina, 1994).

-------, Ensiklopedi Nurcholish Madjid Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban, (Bandung: Mizan, 2006).

Russel, Bertrand, A History of Western Philosophy, (New York: Simon and Schuster, 1959.

Sidjabat, Walter Bonar, Religious Tolerance and Christian Faith A Study concerning the Concept of Divine Omnipotence Constitution in The Light of Islam and Cristianity,(Jakarta: Badan Penerbit Gunung Mulia, 1982).

Steenbrink, Karel A., Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, (Jakarta: LP3ES, 1994).

Sukidi, Teologi Inklusif Cak Nur, (Jakarta: Kompas, 2001).

Suseno, Franz Magnis, “Islam’s Contribution to a Pluralism Indonesia”, dalam Farinia Fianto, (eds.), Islam and Universal Values, (Jakarta: ICIP, 2008).

Downloads

Published

2014-11-03

How to Cite

rusydi, muhammad. (2014). PLURALISME DAN INKLUSIVISME: Analisa Kritik Terhadap Pemikiran Nurcholish Madjid. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 13(2), 297–326. https://doi.org/10.30631/tjd.v13i2.13