Author Guidelines

Tajdid: Jurnal Ilmu Ushuluddin menerima artikel yang bersifat kajian teoritik ilmiah atau hasil penelitian yang relevan dengan keilmuan Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Artikel yang akan dikirimkan ke jurnal ini harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

 

1. Secara umum, point-point dalam artikel harus meliputi unsur-unsur yakni:

- Judul
- Nama Penulis
- Identitas Lembaga

- Alamat Email

- Pendahuluan
- Pembahasan
- Daftar Pustaka
- Penutup
(Lebih lengkapnya mengenai lay out penulisan dapat dilihat pada template jurnal) 

2.    Artikel belum pernah diterbitkan dalam bentuk jurnal maupun buku.

3.  Artikel harus menaati kaedah tata bahasa dan ketentuan penulisan ilmiah, ditulis dengan menggunakan bahasa yang lugas, singkat dan padat. Artikel juga dapat ditulis dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan Arab.

4.  Panjang tulisan 17-20 atau dengan jumlah karakter kata 6000. Diketik 1 spasi di atas kertas A4, dengan font Garamond.

5. Menyertakan Abstrak dengan jumlah kata berkisar antara 100-200 kata, serta dengan Kata Kunci antara 4-7 kata.

6.   Teknik Pengutipan menggunakan The Chicago Citation Style, baik dalam penulisan footnote maupun daftar pustaka.

7.  Artikel dikirim langsung ke alamat email: tajdid@uinjambi.ac.id dengan terlebih dahulu mengkonfirmasi pengiriman ke nomor: 085266512725 (badarussyamsi).

8.    Teknik penulisan footnote mengikuti aturan sebagai berikut:

a.    Kitab suci

Q.S. Âli `Imrân/3: 24.

b.    Buku

Badarussyamsi, Fundamentalisme Islam Kritik atas Barat (Yogyakarta: LKiS, 2016), 150.

c.     Buku terjemahan:

Annemarie   Schimmel,   Jiwaku   Adalah   Wanita:   Aspek   Feminin   dalam Spiritualitas Islam, terj. Rahmani Astuti (Bandung: Mizan, 1998), 33.

d.    Buku dengan editor (muhaqqiq), berjilid:

Syams  al-Din  Ahmad  ibn  Khallikan,  Wafayât al-A`yân  wa-Anbâ’ Abnâ’  al- Zamân, ed. Ihsan `Abbâs (Beirut: Dâr al-Shâdir, 1977), jilid IV, 551.

e.    Artikel dalam buku:

L.E. Goodman, “The Translation of Greek Materials into Arabic,” dalam M.J.L. Young,  et  al.  (ed.),  Religion,  Learning  and  Science  in  the  `Abbasid  Period (Cambridge: Cambridge University Press, 1990), 477.

f.     Artikel dalam jurnal ilmiah:

Badarussyamsi, Pemikiran Abdulkarim Soroush Tentang Persoalan Otoritas Kebenaran Agama,” dalam Jurnal Islamica, Vol. 10, No. 1 (2005), 75.

g.    Artikel dalam majalah:

Anne B. Fisher, “Ford is Back on the Track,” dalam Fortune (23 Desember 1985), 18.

h.    Artikel dalam surat kabar:

Achyar Zein, ”Melihat Visi dan Misi Hijrah Rasul,” dalam Harian Waspada (23 Maret 2001), 13.

i.      Wawancara

Badarussyamsi, Staf Pusat Penelitian IAIN-STS Jambi, wawancara di Kerinci, tanggal 12 Maret 2013.

j.      Pengutipan kedua dan seterusnya terhadap sebuah karya

Badarussyamsi, Fundamentalisme Islam Kritik atas Barat (Yogyakarta: LKiS, 2016), 150.

Annemarie   Schimmel,   Jiwaku   Adalah   Wanita:   Aspek   Feminin   dalam Spiritualitas Islam, terj. Rahmani Astuti (Bandung: Mizan, 1998), 33.

Badarussyamsi, Fundamentalisme Islam Kritik atas Barat, 23.

k.    Daftar Pustaka

Abdullah, Taufik.  “Pengantar,” dalam Azyumardi Azra,  Renaisans Islam Asia Tenggara: Sejarah Wacana dan Kekuasaan. Bandung: Remaja Rosadakarya, 1999.

Ali, Abdullah Yusuf. The Holy Qur’an: Translation and Commentary. Lahore: Islamic Propagation Centre, 1946.

Edwards, Paul (ed.).  The Encyclopedia of  Philosophy. New  York:  Macmillan Publishing Co., 1967.