IDEOLOGI ZIONISME DALAM TIMBANGAN TEOLOGI ISLAM: KAJIAN ATAS RASISME DALAM PEMIKIRAN ZIONISME
DOI:
https://doi.org/10.30631/tjd.v20i2.178Keywords:
rasisme, ideologi zionisme, procols of zion, talmud, teologi islamAbstract
Zionism is one of the great agenda of the Jewish nation to rule the world. The movement can be considered far from human values, all of which originate from their ideology contained in the Talmud and Protocols of Zion. This article aims to reveal the basic ideas of Zionism which became their principle in the movement to conquer the world. Through a search of the literature regarding the theme of the discussion and the descriptive-critical analysis method, it is hoped that it can explain the racism side of the Zionist ideology which is clearly contrary to Islamic Islamic theology and human values. This study shows several important points, including: first, Zionism is a movement of the Jewish people to reclaim Baitul Maqdis; second, the Modern Zionism Movement was initiated by Theodor Herzl through the establishment of the Modern State of Palestine; third, the Zionist movement is based on their ideology taken from the Talmud and the Protocols of Zion. The core ideology in these two sources is to assert that the Jews are the best nation in the world, nations other than them are considered not descendants of Adam and even considered animals, God has given the Jews the rights to rule over all nations other than them, and so on; Fourth, the ideology of Zionism if viewed from the perspective of Islamic theology there are many mistakes because basically Allah views all human beings as equal and the only difference is their piety, there are some confusions in the Zionist conception of God, and some of their ideologies have confusion between argument one and argument. other. Therefore, the author concludes that the ideology of Zionism is contrary to the point of view of Islamic theology, besides that it is also not in accordance with the principles of humanity.
Zionisme merupakan salah satu agenda besar bangsa Yahudi untuk menguasai dunia. Gerakannya bisa dianggap jauh dari nilai kemanusiaan, di mana semua itu bersumber dari ideologi mereka yang ada dalam Kitab Talmud dan Protocols of Zion. Artikel ini bertujuan untuk mengungkap dasar-dasar pemikiran Zionisme yang menjadi prinsip mereka dalam gerakan menaklukkan dunia. Melalui penelusuran literatur-literatur berkenaan dengan tema pembahasan dan metode deskriptif-analisis kritis diharapkan dapat menjelaskan tentang sisi rasisme ideologi Zionisme yang itu jelas bertentangan dengan teologi Islam dan nilai kemanusiaan. Penelitian ini menunjukkan beberapa poin penting, di antaranya yaitu: pertama, Zionisme merupakan gerakan bangsa Yahudi untuk merebut kembali Baitul Maqdis; kedua, Gerakan Zionisme modern diprakarsai oleh Theodor Herzl melalui pembentukan Negara Modern Palestina; ketiga, Gerakan Zionisme tersebut didasari oleh ideologi mereka yang diambil dari Kitab Talmud dan Protocols of Zion. Inti ideologi dalam kedua sumber ini adalah menegaskan bahwa bangsa Yahudi merupakan bangsa terbaik di dunia, bangsa selain mereka dianggap bukan keturunan Adam bahkan dianggap hewan, Tuhan telah menganugrahi bangsa Yahudi hak-hak untuk menguasai seluruh bangsa selain mereka, dan lain sebagainya; keempat, ideologi Zionisme tersebut jika ditinjau dari perspektif teologi Islam terdapat banyak kesalahan karena pada dasarnya Allah memandang semua umat manusia itu sama dan yang membedakannya hanyalah ketakwaannya, terdapat beberapa kerancuan dalam konsepsi Zionis tentang Tuhan, dan beberapa ideologi mereka memiliki kerancuan antara argumen satu dengan argument lain. Oleh karena itu, penulis menyimpulkan bahwa ideologi Zionisme bertentangan dengan sudut pandang teologi Islam, selain itu juga banyak tidak sesuai dengan prinsip kemanusiaan.
References
‘Arābī, Rajā ‘Abd al-Ḥamīd. Safar Al-Tārīkh Al-Yahūdī. Suriah: Al-Awāil li al-Nashr wa al-Tawzī’, 2006.
Al-‘Aliyy, Muḥammad Mehna. “Sira’unā Ma’a Al-Yahūdiyyah Baina Al-Ṣulḥ Al-Mustaḥīl Wa Muwājahah Al-Ḥatmiyyah,” Vol. 1. Riyad: Dār ‘Āmiyyah li al-Naṣr wa al-Tauzī,’ 1993.
Al-‘Ifār, ‘Abbās Maḥmūd. Al-Khaṭr Al-Yahūdī: Burtūkūlāt Ḥukamā Ṣuhyūn. Beirut: Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 1961.
Al-Andalūsī, Abū Ḥayyān. “Tafsīr Al-Baḥr Al-Muḥīṭ,” Juz 5. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993.
Al-Andalūsī, Abū Muḥammad ‘Abd al-Ḥaqq Ibn ‘Aṭiyyah. Al-Muharrar Al-Wajīz Fī Tafsīr Al-Kitāb Al-‘Azīz. Beirut: Dār Ibn Ḥazm, n.d.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Risalah Untuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization, 2001.
Al-Baghawī, Abū Muḥammad al-Ḥusain Mas’ūd. “Ma’ālim Al-Tanzīl: Tafsīr Al-Baghawī,” Vol. 8. Riyad: Dār Ṭayyibah, n.d.
———. “Ma’ālim Al-Tanzīl: Tafsīr Al-Baghawī,” Vol. 5. Riyad: Dār Ṭayyibah, n.d.
Al-Baghdadī, Abū al-Fadll Shihāb al-Dīn al-Alūsī. “Rūḥ Al-Ma’ānī Fī Tafsīr Al-Qur’ān Al-‘Aẓīm Wa Al-Sab’ Al-Mathānī,” Juz 15. Beirut: Dār Iḥyā al-Turāth al-‘Arabī, n.d.
Al-Basit. “Said Nursi’s Approach to The Stories of The Qur’an.” In The Fourth International Symposium On Bediuzzaman Sa’id Nursi: A Contemporary Approach Toward Understanding The Qur’an: The Example of Risale-I Nur. Istanbul, 1998.
Al-Fudlālī, Muḥammad. Kifāyah Al-‘Awwām. Surabaya: Dār al-‘Ilm, n.d.
Al-Ghādirī, Nihād. Al-Tārīkh Al-Sirrī Li Al-‘Alāqāt Al-Shuyū’Iyyah Al-Ṣuhyūniyyah. Beirut: Manshūrāt Dār al-Kitāb al-‘Arabī, 1969.
Al-Hamīd, Muḥammad Ibrāhīm. Rasāil Fī Al-Adyān Wa Al-Farq Al-Madhāhib. Zulfi, n.d.
Al-Ḥasan, Muḥammad. Al-Madhāhib Wa Al-Afkār Al-Mu’āṣirah Fī Al-Taṣawwur Al-Islāmī. Ṭanṭā: Dār al-Bashīr li al-Thaqāfah wa al-‘Ulūm al-Islāmī, 1999.
Al-Maysirī, ‘Abd al-Wahhāb Muḥammad. Al-Idiyūlūjiyyah Al-Ṣuhyūniyyah. Beirut: ‘Ālam al-Ma’rifah, 1982.
Al-Qurṭūbī, Abū ‘Abdillah Muḥammad Abū bakr. “Al-Jāmi’ Li Aḥkām Al-Qur’ān Wa Al-Mubayyin Limā Tadlammanathu Mi Al-Sunnah Wa Ay Al-Furqān,” Juz 12. Beirut: Muassasah al-Risālah, 2006.
Al-Rāzī, Muḥammad. “Al-Tafsīr Al-Kabīr Wa Mafātīḥ Al-Ghayb,” Juz 20. Beirut: Dār al-Fikr, 1981.
Al-Sakandārī, Ibn ‘Athā’illāh. Miftāḥ Al-Falāḥ Wa Miṣbāḥ Al-Arwāḥ Fī Żikrillāh Al-Karīm Al-Fattāḥ. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, n.d.
Al-Saqāf, ‘Alwī Ibn ‘Abd al-Qādir. “Mawsū’ah Al-Milal Wa Al-Adyān,” Juz 1., n.d.
Al-Shaqifī, Nadā. Al-Holocaust: Ḥaqīqatihā Wa Al-Ishtighāl Al-Ṣuhyūnī Lahā. Beirut, 2011.
Al-Suyūṭī, ‘Abd al-Raḥmān Ibn al-Kamāl Jalāl al-Dīn. “Tafsīr Al-Durr Al-Manthūr Fī Al-Tafsīr Al-Ma’thūr,” Juz 5. Beirut: Dār al-Fikr, 2011.
Al-Ṭabarī, Abū Ja’far Muḥammad Ibn Jarīr. “Jāmi’ Al-Bayān ‘an Ta’Wīl Ay Al-Qur’ān: Tafsīr Al-Ṭabarī,” Vol. 7. Kairo: Dār al-Hadith, 2010.
———. “Jāmi’ Al-Bayān ‘an Ta’Wīl Ay Al-Qur’ān: Tafsīr Al-Ṭabarī,” Vol. 1. Kairo: Dār al-Hadith, 2010.
Al-Yaḥṣabī, Al-Qaḍī Abū al-Fadlal ‘Iyādl Ibn Musā. Al-Shifā Bi Ta’rīf Ḥuqūq Al-Muṣṭafā. Beirut: Muassasah al-Risālah, 2006.
Al-Zeibik, Ali Muhammad Jareshah, and Muhammad Sharif. Asalib Al-Ghazw Al-Fikriy Li Al-‘Alam Al-Islamiy. Kairo: Dar al-I’tisham, 1975.
Al-Zubaiq, ‘Alī Muḥammad Grishāh, and Muḥammad Sharīf. Al-Asālīb Al-Ghazw Al-Fikrī Li Al-‘Ālam Al-Islāmī. Kairo: Dār al-I’tiṣām, 1979.
Ali Nurdin, and Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2019).
Arifin, Syamsul, Nafik Muthohirin, Tongat, and Wahyudi. “Interseksi Hak Asasi Manusia Dan Shari’ah Di Indonesia.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 12, no. 2 (2018).
Arroisi, Jarman, and Rahmat Ardi Nur Rifa Da’i. “Konsep Jiwa Perspektif Ibn Sina.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 13, no. 2 (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/islamica.2019.13.2.323-345.
Badarussyamsi, M. Ridwan, and Nur Aiman. “Amar Ma’ruf Nahi Munkar: Sebuah Kajian Ontologis.” Tajdid 19, no. 2 (2020).
Baharun, Muhammad. Isu Zionisme Internasional. Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 1979.
Bakhrabeh, Muḥammad. Al-Ṣuhyūniyyah Bi Ījāz Aṣl Nash’ah Al-Mukhaṭṭaṭāt Al-Ṣuhyūniyyah Al-‘Ālamiyyah Dhāt Al-Naz’Ah Al-‘Unṣuriyyah, 2001.
Bakr, ’Ala. Mazahib Fikriyah Fi Al Mizan. Kairo: Dar al-‘Aqidah, 2002.
Bakr, Abū. Madhāhib Fikriyyah Fī Al-Mīzān. Kairo: Dār al-‘Aqiīdah, 2002.
Bucaille, Maurice. Al-Taurah Wa Al-Injīl, Wa Al-Qur’ān Wa Al-‘Ilm. Edited by Ḥasan Khālid. Beirut: Al-Maktab al-Islāmī, 1990.
Daldjoeni, N. Ras-Ras Umat Manusia: Biogeografis, Kulturhistoric, Sosiopolitis. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1991.
Epafras, Leonard C. “Memahami Ingatan Kuktural Yahudi Dalam Konflik Israel-Palestina.” Jurnal Kawistara 3, no. 2 (2013).
Fuad, Ahmad Nur. “Nizam Al-Mulk Dan Kontribusinya Terhadap Pemikiran Politik Islam.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 13, no. 1 (2018).
Fuhaidah, Ulya. “Analisis Peluang Kedaulatan Negara Palestina.” Jurnal Review Politik 2, no. 1 (2012).
Gaarder, Jostein. Dunia Shopie. Bandung: Mizan, 1997.
Grosfoguel, Ramon. “What Is Racism?” Journal of World-System Research 22, no. 1 (2016).
Hammis Syafaq. “Relasi Pengetahuan Islam Eksoteris Dan Esoteris.” Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam 2, no. 2 (2012).
Hidayah, Zulzani. Ensiklopedia Suku Bangsa Di Indinoseia. Jakarta: LP3ES, 1996.
Hilmy, Masdar. “MUSLIMS’ APPROACHES TO DEMOCRACY: Islam and Democracy in Contemporary Indonesia.” JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM 1, no. 1 (2007).
Ja’far, Suhermanto. “Konsep Being Perspektif Filsafat Islam.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 11, no. 2 (2017).
Jābir, Abū, and Ibrāhīm. Qadliyyah Al-Quds Wa Mustaqbaluhā Fī Al-Qarn Al-Ḥādī Wa Al-‘Ishrīn. Oman: Markaz Dirāsāt al-Shirq al-Awsaṭ, 2002.
Julkarnain, Muhammad. “Resolusi Jihad Muslim Nusantara Abad XVIII: Interpretasi Jihad ’Abd Al-Samad Al-Falimbani.” Tajdid 15, no. 1 (2016).
Kathīr, Abū al-Fidā Ismā’īl Ibn. “Tafsīr Al-Qur’ān Al-‘Aẓīm,” Juz 8. Riyad: Dār Ṭayyibah, 1999.
———. “Tafsīr Al-Qur’ān Al-‘Aẓīm,” Juz 7. Riyad: Dār Ṭayyibah, 1999.
Khumairoh, Mahlil Idatul, and Abdul Fadhil. “Gerakan Intifadhah Dan Kemunculan Hamas (1987-1993).” PERIODE: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah 1, no. 1 (2019).
Liliwesi, Alo. Prasangka Dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Multikultur. Yogyakarta: LKiS, 2005.
Maḥmūd, ‘Alwi ‘Abd al-Ḥalīm. Al-Ghazw Al-Fikrī Wa Al-Tayyārāt Al-Ma’ādiyyah Li Al-Islām. Riyadl: Idārah al-Thaqāfah wa al-Nashr bi al-Jāmi’ah, n.d.
Māni’ Ḥammād al-Jawhānī. “Al-Mawsū’ah Al-Muyassarah Fī Al-Adyān Wa Al-Madhāhib Wa Al-Ahzāb Al-Mu’āṣirah,” Juz 1. Riyad: Dār al-Nadwah al-‘Ālamiyyah li al-Ṭibā’ah wa al-Nashr wa al-Tawzī,’ n.d.
Maulani, Z.A. Zionisme: Gerakan Menaklukkan Dunia. Jakarta: Daseta, 2002.
MN, Aguk Irawan. Rahasia Dendam Israel. Jakarta: Kinza Books, 2009.
Moh. Rosyid. “Dinamika Perjuangan Muslim Di Palestina.” Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 3, no. 2 (2015).
Mubarak. “Yahudi Dan Islam Dalam Lintas Sejarah: Studi Perspektif Islam Terhadap Yahudi.” Jurnal Al-Adyan 6, no. 2 (2019).
Muchsin, A. Misri. “PALESTINA DAN ISRAEL: Sejarah, Konflik Dan Masa Depan.” Jurnal Miqot 39, no. 2 (2015).
Musaph-Andriesse, R.C. From Torah to Kabbalah: A Basic Introduction to the Writings of Judaism. Britania Raya: Oxford University Press, 1982.
Muslih, M. Kholid. “Konsep Tuhan.” In Worldview Islam: Pembahasan Konsep-Konsep Penting Dalam Islam, edited by M. Kholid Muslih, Anto Ismunanto, Nofriyanto, Fuad Muhammad Zein, M. Shohibul Mujtaba, Imroatul Istiqomah, Abdul Wahid, M Faqih Nidzom, and Abdul Hamid Saragih. Ponorogo: Direktorat Islamisasi Ilmu, 2019.
Muslih, Mohammad, Abdul Rohman, Ahmad, and Ahmad Saifullah. “Sunan Kalijaga’s Da’wah Strategy in Suluk Linglung and Its Implication to Indonesia Radicalism Movement.” El Harakah 23, no. 1 (2021). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/eh.v23i1.11672.
Muzammil, Shofiyullah. “Mempertimbangkan Kembali Konsep Tentang Tuhan, Manusia, Dan Aql Dalam Filsafat AL-Kindi Dan Seyyed Hossein Nasr.” Tajdid 17, no. 1 (2018).
Pratama, Daniel Surya Andi. “Representasi Rasisme Dalam Film Cadillac Records.” Jurnal E-Komunikasi 4, no. 1 (2016).
Rahman, Tasnim Abdul, Zuriati Mohd Rashid, Wan Sabri Wan Yusof, and Ahmad Nabil Amir. “Konflik Islam Dan Israel Di Palestina: Tentangan, Isu, Dan Penyelesaiannya Dalam Karya AL-Faruqi.” UMRAN: International Journal of Islamic and Civilizational Studies 2, no. 2 (2015).
Roma Ulinnuha. “Yahudi Dalam Sudut Pandang Filosofis Studi Agama: Kontra Zionisme Dan Kontribusi Kelompok Naturei Karta Pada Klausul Perdamaian.” Jurnal Religi 9, no. 1 (2015).
Rozali, Ermy Azziaty, and Azmul Fahimi Kamaruzaman. “First World War, Balfour Declaration and Their Impacts on Palestine: Perang Dunia Pertama, Deklarasi Balfour Dan Kesannya Terhadap Palestina.” International Journal of West Asian Studies 3, no. 2 (2011). https://doi.org/DOI: 10.5895/ijwas.2011.08.
Rushd, Ibnu. Al-Kashf ’an Manahij Al-Adillah Fi ’Aqaidi Al-Millah. Edited by Muhammad Abid Al-Jabiri. Beirut: Markaz Dirasat al-Wahdat al-‘Arabiyah, 1998.
Salaby, Ahmad. Agama Yahudi. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Satrianingsih, Andi, and Zaenal Abidin. “Sejarah Zionisme Dan Berdirinya Negara Israel.” Jurnal Adabiyah 16, no. 3 (2016).
Setiawan, Boenjamin, Eduardus Nugroho, Hadyana Pudjaatmaka, Bambang Harsrinuksmo, Dicky Soetadi, and Ansis Kleden. Ensiklopedia Nasional Indonesia. Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka, 1990.
Shulbī, Aḥmad. Muqāranah Al-Adyān Al-Awwal: Al-Yahūdiyyah. Juz 5. Kairo: Maktabah al-Nadwah al-Maysaroh, 1978.
Sinokrot, Dāud ‘Abd al-‘Afw. Al-Yahūd Fī Al-Waṭn Al-‘Arabī. Oman: Dār al-Furqān, 1983.
Siraj, Fuad Mahbub, and Muhammad Husni. “Kenabian Dalam Pandangan Badiuzzaman Said Nursi: Sebuah Respon Terhadap Gagasan Materialisme Barat.” Jurnal Khazanah 18, no. 1 (2020).
Sochamawardiah, Hesti Armiwulan. Deskriminasi Rasial Dalam Hukum Ham: Studi Tentang Deskriminasi Terhadap Etnis Tionghia. Yogyakarta: Genta Publising, 2013.
Soekamto, Soerjono. Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.
Taimiyyah, Aḥmad Ibn ‘Abd al-Ḥalīm Ibn. “Majmū’ Fatāwā Shaykh Al-Islām Aḥmad Ibn Taimiyyah,” Juz 4. Arab Saudi: Majmū’ al-Malik Fahd li Ṭibā’ah al-Muṣḥaf al-Sharīf, 2004.
Usmani, Ahmad Rofi’. Ensiklopedia Tokoh Muslim. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2015.
Yusuf, Nur Fadilah, and Retno Winarni. “Strategi Zionis Politik Dalam Merebut Palestina Dari Kerajaan Utsmani Tahun 1896-1948.” Historia 3, no. 1 (2020).
Zarkasyi, Hamid Fahmy, Amal Fathullah Zarkasyi, Tonny Ilham Prayogo, and Rahmat Ardi Nur Rifa Da’i. “Ibn Rushd’s Intellectual Strategies on Islamic Theology.” Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA 20, no. 1 (2020).