TRANSFORMASI DIRI MELALUI PRAKTIK ‘UBUDIYYAH

(Studi Tafsir Maudhu’i Terhadap Tafsir Al-Azhar Buya Hamka)

Authors

  • Pathur Rahman Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v21i2.283

Keywords:

Buya Hamka, Self Transformation, Ubudiyah

Abstract

This paper examines the method of self-transformation through ubudiyah practices. The main focus of this research is the meaning of worship in the interpretation of Al-Azhar by Buya Hamka. The purpose of this research is to know and offer to the general public the method of self-transformation through worship to Allah SWT, as written by Buya Hamka in the interpretation of Al-Azhar. This research is library research, using the maudhu'i interpretation research methodology. The primary source in this study is the book Tafsir Al-Azhar written by Haji Abdul Malik Karim Amrullah and published by the Jakarta Nurul Islam Foundation in 1982. Meanwhile, in data analysis, the author used the critical hermeneutic method. This study found that the method of self-transformation through the practice of ubudiyyah in Buya Hamka's view is not limited to carrying out the five pillars of Islam; shahadah, prayer, zakat, fasting, and pilgrimage, but taking wisdom or wisdom from the essence of worship itself, so that worship can lead a person to submit and obey whatever Allah wills and always be grateful for what Allah wants. This study also found that in interpreting the verses about worship Buya Hamka uses a tasawuf approach so that Buya Hamka's interpretation of worship is not limited to procedures in worship but can take lessons from the worship carried out.

Tulisan ini mengkaji tentang metode transformasi diri melalui praktik ubudiyah. Fokus utama dalam penelitian ini adalah pemaknaan ibadah dalam tafsir Al-Azhar karangan Buya Hamka. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui serta menawarkan kepada khalayak umum tentang metode transformasi diri melalui ibadah kepada Allah SWT, sebagaimana yang dituliskan oleh Buya Hamka dalam tafsir Al-Azhar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan liblary research, dengan menggunakan metodologi penelitian tafsir maudhu’i. Sumber primer dalam penelitian adalah kitab Tafsir Al-Azhar yang ditulis oleh Haji Abdul Malik Karim Amrullah dan diterbitkan oleh Yayasan Nurul Islam Jakarta pada tahun 1982. Sedangkan dalam analisis data penulis menggunakan metode hermeneutika kritis. Penelitian ini menemukan bahwa metode transformasi diri melalui praktik ubudiyyah dalam pandangan Buya Hamka adalah dengan cara tidak sebatas menjalankan lima pilar agama Islam; syahadah, salat, zakat, puasa dan haji, akan tetapi megambil hikmah atau kebijaksanaan dari esensi ibadah itu sendiri, sehingga ibadah yang dilakukan dapat mengantarkan seseorang untuk tunduk dan patuh atas apapun kehendak Allah serta senantiasa berterimakasih atas apa yang Allah kehendaki. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam menafsirkan ayat-ayat tentang ibadah Buya Hamka menggunakan pendekatan tasawuf, sehingga penafsiran Buya Hamka tentang ibadah tidak sebatas mengenai tatacara dalam ibadah, melainkan dapat mengambil hikmah atas ibadah yang dijalankan.

References

Al-Munziri, Imam. Al-Tarkîb Wa Al-Tarhîb, Jilid I. Mesir: Musthafâ al-Bâbi al- Hâlabi, n.d.

Alviyah, Avif, Stai Sunan, and Drajat Lamongan. “METODE PENAFSIRAN BUYA HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 15, no. 1 (March 8, 2017). https://doi.org/10.18592/JIU.V15I1.1063.

An-Nawawi, Syekh Islam Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syarif. Riyadhus Shalihin. Al-Haramain, 2005.

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Christimoty, Debora Nugrahenny. “Teologi Ibadah Dan Kualitas Penyelenggaraaan Ibadah: Sebuah Pengantar.” PASCA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 1 (November 30, 2019). https://doi.org/10.46494/PSC.V15I1.62.

Hamka. Tafsir Al-Azhar, Juz. XXI. Jakarta, 1982.

———. Tafsir Al-Azhar, Juz II. Jakarta, 1982.

———. Tafsir Al-Azhar, Juz XXVII. Jakarta, 1982.

———. Tafsir Al-Azhar, Juz XXX. Jakarta, 1982.

———. Tafsir Al-Azhar. Jakarta, 1982.

———. Tafsir Al-Azhar Juz I. Jakarta: Yayasan Nurul Islam, 1982.

———. Tafsir Al Azhar, Jilid I. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1982.

Hamzah Dkk., Muchotob. Tafsir Maudhu’I Al-Muntaha. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2004.

Kallang, Abdul. “KONTEKS IBADAH MENURUT AL-QURAN.” Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan 4, no. 2 (December 31, 2018). https://doi.org/10.35673/AJDSK.V4I2.630.

Makhfud, Makhfud. “URGENSI TAFSIR MAUDHU`I (KAJIAN METODOLOGIS).” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 27, no. 1 (January 31, 2016). https://doi.org/10.33367/TRIBAKTI.V27I1.256.

Masyhur, Laila Sari. “Makna Esoteris Ayat Ibadah : Tafsir Al-Isyari Dalam Kitab Ruh Al-Ma ’ Ani Karya Al-Alusi.” LENTERA: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 3, no. 1 (2021).

Mohd Yusoff, Zulkifli, Abdul Hafiz Abdullah, Zulkifli Mohd Yusoff Dato, Merupakan Profesor di Jabatan Al-Qur, An dan Al-Hadith, Akademi Pengajian Islam, Universiti Malaya, Kuala Lumpur Beliau boleh dihubungi melalui, Merupakan calon Ijazah Tinggi, and Jabatan Al-Qur. “PEMIMPIN MENURUT PANDANGAN HAMKA: SATU TINJAUAN DALAM TAFSIR AL-AZHAR (Leadership According to HAMKA: A Review on Tafsir Al-Azhar).” Journal of Al-Tamaddun 8, no. 1 (June 30, 2013). https://ejournal.um.edu.my/index.php/JAT/article/view/8647.

Nasution, Harun. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI-Press, 2008.

Nursamad Kamba, Muhammad. Kids Zaman Now Menemukan Kembali Islam. Tangerang: Pustaka Iman, 2018.

Q.S. Al-Baqarah: 187, n.d.

Q.S. Al-Baqarah: 196, n.d.

Q.S. Al-Imran: 96, n.d.

Q.S. Az-Zariyat: 56, n.d.

Ricouer, Paul. Hermeneutika Sosial, Terj. Muhammad Syukri. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2006.

Ridha, Muhammad Rasyîd. Tafsir Al-Qur’ân Al-Hakîm Al-Syahîr Bi Tafsîr Al-Manâr, Jilid IV. Beirut: Dâr al-Fikr, n.d.

Rouf, Abdul, Mohd Yakub, Zulkifli, and Mohd Yusoff. “Tafsir Al-Azhar Dan Tasawuf Menurut Hamka.” Jurnal Usuluddin 38 (December 31, 2013). https://ejournal.um.edu.my/index.php/JUD/article/view/7465.

Salim, Abd. Muin. Jalan Lurus Menuju Hati Sejahtera; Tafsir Surah Al-Fatihah. Jakarta: Yayasan Kalimah, 1999.

Sulfemi, Wahyu Bagja. “PENGARUH DISIPLIN IBADAH SHOLAT, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN INTELEGENSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 16, no. 2 (August 31, 2018). https://doi.org/10.32729/EDUKASI.V16I2.474.

Sumarto, Yonatan. “Tinjauan Teologis Tentang Ibadah Bagi Pelaksanaan Misi Allah Theological Review of Worship For the Implementation of God ’ s Mission.” Jaffray 17, no. 1 (2019). https://doi.org/10.25278/jj.v17i1.312.

Suparman, Deden. “PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT DALAM PERPEKTIF PSIKIS DAN MEDIS.” JURNAL ISTEK 9, no. 2 (August 1, 2015). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/188.

Tumanggor, Rusmin. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Kencana, 2014.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rahman, P. (2022). TRANSFORMASI DIRI MELALUI PRAKTIK ‘UBUDIYYAH: (Studi Tafsir Maudhu’i Terhadap Tafsir Al-Azhar Buya Hamka). TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 21(2), 283–300. https://doi.org/10.30631/tjd.v21i2.283