KAJIAN INTEGRASI AL-QUR’AN DAN SAINS ATAS TIDURNYA ASHHABUL KAHFI DALAM Q.S AL-KAHFI PERSPEKTIF FAKHRUDDIN AL-RAZI
DOI:
https://doi.org/10.30631/tjd.v22i1.327Keywords:
Ashhabul Kahfi, Tidur, SainsAbstract
Sleep is a biological need for humans, but excessive sleep will hurt the balance of the brain, so that you will experience headaches and back pain. The Qur’an states that Ashabul Kahf sleeps long and is conscious and healthy. This is in contrast, considering that humans are generally only able to survive with a time limit of 7-8 hours each day. This study aims to understand the continuity of the Qur’an and science regarding the phenomenon of Ashabul Kahf's sleep in the Qur'an in QS. Al-Kahf verses 11, 18 and 19. If measured from habits, sleeping with a long intensity will cause many diseases, but it differs from Ashabul Kahf, who has slept for 309 years and is awake in good health. This study uses a library research study with a descriptive analysis method and uses the maudhu’i (thematic) method in interpreting verses of the Qur’an. Finally, this research concludes that 1) in verse 11, Allah closes Ashabul Kahf's ears by deactivating the ascending reticular activating system so that Ashabul Kahfi does not hear any sound from outside, 2) in verse 17, Allah removes sunlight from Ashabul Kahfi's body, and Allah also does not cover the sun completely, because excessive exposure to sunlight will cause sunburn and damage the genetic material in Cancer Research UK skin cells, and 3) in verse 18 Allah turns Ashabul Kahf’s body back and forth, because turning the body back and forth can keep the skin so that undamaged by the ground
Tidur menjadi kebutuhan biologis manusia, akan tetapi tidur secara berlebihan akan berdampak buruk kepada keseimbangan otak, sehingga akan mengalami sakit kepala dan nyeri punggung. Dalam Al-Qura’an disebutkan bahwa Ashabul Kahfi tidur dalam intensitas yang lama dan sadar dalam keadaan yang sehat. Hal ini kontras mengingat pada umumnya manusia hanya mampu bertahan dengan batas waktu 7-8 jam dalam setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kesinambungan Al-Qur’an dan sains mengenai fenomena tidurnya Ashabul Kahfi dalam Al-Qur’an pada QS. Al-Kahfi ayat 11, 18 dan 19. Jika diukur dari kebiasaan, tidur dengan intensitas yang lama akan menimbulkan banyak penyakit, namun berbeda dengan Ashabul Kahfi yang tertidur selama 309 tahun dan terjaga dalam keadaan yang sehat. Penelitian ini menggunakan kajian library reseach dengan metode analisis diskriptif dan menggunakan metode maudhu’i (tematik) dalam penafsiran ayat Al-Qur’an. Akhirnya, kesimpulan penelitian ini bahwa 1) pada ayat 11 Allah menutup telinga Ashabul Kahfi dengan menonaktifkan ascending reticular activating system, sehingga Ashabul Kahfi tidak mendengar suara apapun dari luar, 2) pada ayat 17 Allah menjauhkan sinar matahari dari tubuh Ashabul Kahfi dan Allah juga tidak menutup matahari secara penuh, karena paparan sinar matahari yang berlebihan akan mengalami sunburn (kulit terbakar) dan merusak materi genetik pada Cancer Research UK sel kulit, dan 3) pada ayat 18 Allah membolak balikkan tubuh Ashabul Kahfi, karena membolak balikkkan badan dapat menjaga kulit agar tidak rusak karena tanah
References
Afida, Anisa Nur, and Mukarramah Mustari. “Matahari Dalam Perspektif Sains Dan Al- Qur ’ an Sun in Perspectives of Science and Al-Qur ’ An.” Ijsme 02, no. 1 (2019): 27–35.
Amalia, Nida. “Tidur Perspektif Al-Qur’an (Studi Komparatif Kitab Tafsir Al-Jawâhir Fi Tafsir Al-Qur’an Al-Kârim Karya Tântawi Jaûhari, Al- Qur’an Dan Tafsirnya Karya Kementrian Agama, Dan Tafsir Al-Mishbah Karya Quraish Shihab).” Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2021.
Ambarwati, Rini. “Sleep, The Circadian Rhythms And Metabolism.” Jurnal Keperawatan X, no. 1 (2017): 42–46.
Arif, Muhammad. “Pendidikan Kejiwaan Dan Kesehatan Mental (Perspektif Fakhruddin Ar-Razi).” Farabi 16, no. 2 (2019): 161–81. https://doi.org/10.30603/jf.v16i2.1081.
Aziza, Wahyuni. “Pengaruh Intervensi Aromatherapi Pala Terhadap Lama Waktu Tidur Mencit.” GLOBAL HEALTH SCIENCE 4, no. 2 (2019): 2622–1055. https://doi.org/10.33846/ghs.v4i2.338.
Basid, Abd. “Peningkatan Tarif Hidup Layak Melalui Produktivitas Bekerja Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 12, no. 21 (2020): 174–92. https://doi.org/10.14421/qh.2020.2101-09.
Basri, Asri. “Hubungan Nyeri Dan Kecemasan Dengan Pola Istirahat Tidur Pasien Post Operasi Di Ruang Bedah Rumah Sakit Umum Tengku Chik Ditiro Sigli.” Serambi Saintia:Jurnal Sains Dan Aplikasi VIII, no. 1 (2020): 15–22.
Elzaky, Dr Jamal. Buku Pintar Mukjizat Kesehatan Ibadah. 1st ed. Jakarta: Zaman, 2015.
Haryati, Siti Patam Yunaningsi, and Junuda RAF. “Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Tidur Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo.” Jurnal Surya Medika 5, no. 2 (2020): 22–33.
Hidayat, Syaifurrahman, and Elyk Dwi Mumpuningtias. “Terapi Kombinasi Sugesti Dan Dzikir Dalam Peningkatan Kualitas Tidur Pasien.” Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan 6, no. 3 (2018): 219. https://doi.org/10.33366/cr.v6i3.953.
Husna, Rifqatul. “Autentifikasi Dan Infiltrasi Dalam Tafsir Ishārī.” Mushaf: Jurnal Tafsir Berwawasan Keindonesiaan 1, no. 2 (2021): 125–52. https://doi.org/10.33650/mushaf.v1i2.2089.
Ibrahim, Prof Dr Ahmad Syauqi. Asrorun Naum Kitab Rahasia Tidur Menurut Al - Qur’an ,Sunnah Nabi Dan Sains Modern. I. Jakarta Selatan: Turos, 2018.
Istiqomah, Siti, and Irma Rumtianing Uswatul Hanifah. Kisah Ashabul Kahfi Dalam Al-Qur’an: Kajian Komparatif Antara Tafsir Al-Misbah Dan Tafsir Ibnu Katsir. JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat, issued 2022. https://doi.org/10.21154/jusma.v1i1.522.
Jumini, Sri. “Telaah Alkindy Terhadap Relativitas Waktu Dalam Kisah Aṣḣâbul Kahfi.” Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum 3, no. 02 (2017): 159–72. https://doi.org/10.32699/syariati.v3i02.1150.
Khatijah, and Muskhab Eko Riyadi. “Hubungan Intensitas Penggunaan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja.” Jakiyah: Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan Aisyiyah 1, no. 6 (2021): 1–8. https://doi.org/10.35721/jakiyah.v6i1.63.
Kholiska, Raden Kurnia, Afrizal Nur, and Ridhoul Wahidi. “The Process of Rapid Eye Movement (REM) Sleep in the Qur’an: Neuroscience Perspective on the QS. Al-Kahfi 18.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 22, no. 2 (2021): 329–44. https://doi.org/10.14421/qh.2021.2202-03.
Kurniasih, Sri, and I Made Joshua Pratama. “Prototipe Jendela Kaca Untuk Ruang Berjemur Dalam Rangka Meningkatkan Imunitas Tubuh.” Jurnal Arsitektur ARCADE 4, no. 3 (2020): 269. https://doi.org/10.31848/arcade.v4i3.567.
Makky, Muhammad, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. “Pengimplementasian Anjuran Tidur Sesuai Sunnah Dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan.” Jurnal Revolusi Indonesia 2, no. 1 (2021): 89–96.
Nasiri. “Puncak Prstasi Thariqah Mutakallimin Perspektif Fakhruddin Ar -Razi.” Jurnal Keislaman 3, no. 2 (2020): 159–70.
Nur, Wahid, and Roni Yuliwar. “Faktor Protektif Kejadian Diare Pada Balita Di Surabaya: The Protective Factor of Diarrhea Incidence in Toddler in Surabaya.” Jurnal Berkala Epidemiologi 6, no. 1 (2018): 25–36. https://doi.org/10.20473/jbe.v6i1.2018.
Razi, Muhammad Fakhruddin Ar. Kitab Mafatih Al Ghyab. Dar Al - Fikr, 1981.
Rohman, Abdur, and Isy Karima. “Studi Penafsiran Tasbih Alam Semesta Dalam Tafsir Mafâtîh Al-Ghaib.” Al - Karima : Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir 2, no. 1 (2020): 30–37.
Rosyidah, Rudina Azimata, Windadari MurniHartini, and Ni Putu Melisa Yunda Dewi. “Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kadar Homoglobin Pada Mahasiswa Prodi D3 TBD Semester VI Poltekkes Bhakti Setya Indonesia Yogyakarta.” Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia 2, no. 2 (2022): 42–51. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i2.419.
Setiawan, Tatan, and Muhammad Panji Romadoni. “Analisis Manhaj Khusus Dalam Tafsir Mafâtih Al-Ghaib Karya Al-Razi.” Jurnal Imam Dan Spiritultas 2, no. 1 (2021): 49–60.
Syamsinar. “Pola Tidur Dalam Al-Quran (Kajian Tahlili Terhadap Q.S Al-Furqon:47.” Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin, 2016, 1.
Wadoe, Michael, Dwi S. Syaifudin, Wildhani Alfianna, Fini F Aifa, Narlika D.P, Rifdah A Savitri, Margareta D. Andri, et al. “Penggunaan Dan Pengetahuan Sunscreen Pada Mahasiswa Unair.” Jurnal Farmasi Komunitas 6, no. 1 (2019): 1–8.