KONSEP AL-HAYA’ DALAM PERSPEKTIF HADIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK

Authors

  • Apriliah April Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • John Supriyanto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Almunadi Munadi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v22i2.354

Keywords:

al-haya’, hadis, media sosial, TikTok

Abstract

This article explains a problem, namely the concept of al-h}aya>’ from a hadith perspective and its relevance for TikTok users. Looking at the current conditions, the author assumes that almost all social media users no longer have an attitude of shame, especially when users of the TikTok application follow excessive dancing movements. This research looks directly at several TikTok accounts, then carries out descriptive analysis using a library research approach and is supported by primary data sources such as hadith books: al-Bukhari and Muslim, digital applications such as the Encyclopedia of the 9 books of the Imam and Matktaba Shameela, articles or magazines related to the discussion to be researched. The results of this research show that: first, there are many types of platforms nowadays, making users follow all existing trends. Here the researchers found that the TikTok platform type is very popular with many people. TikTok which has a feature, namely doing a dance movement in front of the public, they follow a trend with a purpose, whether it's for the sake of followers, likes, or other things. Second, this article provides various hadiths containing about al-h}aya>’ which can be used as a guide for someone to see what the limits are in using social media, so a woman can maintain her dignity.

Tulisan ini memberikan sebuah penjelasan terhadap sebuah permasalahan yakni tentang konsep al-h}aya>’ perspektif hadis dan relevansinya bagi pengguna media sosial TikTok. Melihat kondisi saat ini, penulis berasumsi bahwa hampir semua pengguna media sosial tidak memiliki sikap malu lagi, demikian ketika para pengguna aplikasi TikTok yang mengikuti gerakan berjoget secara berlebihan. Penelitian ini meninjau langsung pada beberapa akun TikTok kemudian melakukan deskriptif analitis melalui literature review dan didukung dengan sumber data primer seperti kitab-kitab hadis: al-Bukhari dan Muslim, aplikasi digital seperti Ensiklopedi 9 kitab Imam dan al-matktabah al-syamilah, artikel ataupun majalah yang terkait dengan pembahasan yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, banyaknya jenis platform saat ini, menjadikan para penggunanya untuk mengikuti segala tren yang ada, di sini peneliti menemukan bahwasanya jenis platform TikTok sangat diminati banyak orang. TikTok yang memiliki fitur, yakni melakukan sebuah gerakan joget-joget di depan publik, mereka mengikuti sebuah tren tersebut memiliki tujuan, entah itu demi sebuah followers, like, maupun hal lainnya. Kedua, di dalam tulisan ini memberikan berbagai hadis yang memuat tentang al-h}aya>’ yang bisa dijadikan panduan seseorang untuk melihat apa saja batasan dalam bermain media sosial, demikian sebagai seorang perempuan yang mampu menjaga marwahnya.

References

Adabul Mufrad , (271) Bab: Malu ( Al Haya’u ), Nomor Hadits: 599, n.d.

Afifi, Moh. “Hadis - Hadis Tentang Malu Adalah Sebagian Dari Iman (Kajian Ma’ Ani Al Hadis).” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010.

Ameliola, Syifa. “Perkembangan Media Informai Dan Teknologi Terhadap Anak Era Globalisasi.” Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization,” 2013.

Aprilian. “Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Ajang Eksitensi Diri (Studi Fenomenologi Mahasiswa Pada Remaja Pengguna Aplikasi TikTok.” Universitas Mercu Buana, 2019.

Arifin, Imamul, Et.al. “Kriteria Joget Tiktok Yang Dianggap Wajar Dalam Perspektif Etika Publik Dan Norma-Norma Islam.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 19, no. 1 (2022): 101–8.

Cahyono, Henry. “Hijrah Dalam Pandangan Al- Qur’an Menurut Tafsir Kontemporer,” 2019.

Deriyanto, Demmy. “Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwanatunggadewi Malang Terhadap Pengguna Aplikasi TikTok.” Jurnal Ilmu Sosial Dan IlmuPolitik 7, no. 2 (2018).

Fadli, Muhammad Rijal. “Mengetahui Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.

Fitri, Annisa Nurintha. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019.” Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi 13, no. 1 (2021).

Handriani, Susi. “Adab Muslimah Dalam Menggunakan Media Sosal Berdasarkan QS. Al - Ahzab Perspektif Tafsir Al Misbah.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) CURUP, 2021.

Hijriyati Cucuani, Et.al. “Pengaruh Malu (Al-Haya’) Terhadap Self Disclosure Di Media Sosial Pada Remaja Muslim Melalui Kontrol Diri,” 2020.

Indriani, Dewi. “Pandangan Ulama’ Kotemporer Tntentang Hukum Bermain Tiktok Bagi Perempuan Muslimah (Analisis Undang-Undang No 19 Tahun 2016, Perubahan Atas Undang-UndangNo 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik).”Universitas Islam Negeri Utara Medan, 2022.

Jamun, Yohannes Marryono. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2018.

Joni Helandri, Alpat Reza Setiawan. “Kebangkitan Trend Aplikasi Media Sosial TikTokdalam Perspektif Hukum Islam.” Hutanasyah: Jurnal Hukum Tata Negara (SiyasahSyar’iyyah) 1, no. 1 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.37092.

Khaira, Suci. “Moderasi Beragama (Studi Analisis Kitab Tafsir Al Muharrar Al - Wajiz Karya Ibnu ’Athiyyah,” 2020.

M. Aidil Ghunaya Said, et.al. “Sindrom Pargoy Di Aplikasi Tikto.” Jurnal Dharmawangsa 16, no. 2 (2022): 208–14.

Marianti Priska Misa Wea, et.al. “Aplikasi Tiktok Sebagai Ajang Ekspresi Diri (Studi Fenomenologi Pada Dosen Dan MahasiswaIlmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Kupang).” Deliberatio : Jurnal Mahasiswa Komunikasi, 2, no. 2 (2022).

Mohd, Talib. “Relevansi Sifat Al - Haya Dalam Pemantapan Akhlak Generasi Z.” Journal of Al -Quran and Al - Sunnah 4, no. 1 (2019).

Mudrisa Difa Islami, Sarita Candra Merida, Rospita Novianti, and . “Harga Diri Dengan Presentasi Diri Pada Remaja Pengguna TikTok.” JoPS: Journal of Psychological Students 1, no. 2 (2022).

Nana, Darna, and Herlina Elin. “Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen.” Jurnal Ilmu Manajemen 5, no. 1 (2018): 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359.

Radiansyah, Dian. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Perkembangan Remaja Islam (Studi Kasus Di Kampung Citeureup Desa Sukapada).” Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 3, no. 2 (2018).

Rusli, Tasnim. “Teknologi Moden Banyak Memberi Kesan Kepada Perubahan Dunia Baik Dari Segi Ekonomi, Politik Dan Sosial.Jika Dahulu Kanak-Kanak Atau Remaja Mengunakkan Masa Lapang Mereka Dengan Aktiviti Yang Berfaedah Sepertiaktiviti Bermain Di Luar Rumah, Berbasik.” Jurnal Channel - Core.Ac.Uk, 2019, 8.

Sauri, Supian. “Urgensi Pendidikan Sikap Malu dalam Hadis (Telaah Hadits Imran Ibn Husain Tentang Sifat Malu Dalam Kitab Musnad Ahmad Ibn Hanbal).” Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 65–79. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/515

Siti Fatimah, Ahmad Syadzali. “Fenomena Narsisme Muslimah Dalam Aplikasi Tiktok(Analisis Semiotika Charles William Morris).” Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam 13, no. 2 (2022).

Wensi, A. J. Al Mu’jam Al Mufaros Lil Falizil Hadisin Nabi, Jilid “H” Jilid 2, n.d.

Zahriyanti, Yuhafliza. “Refleksi Sikap Malu Dalam Pandangan Islam.” Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial Dan Budaya 5, no. 3 (2021): 42–46.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

April, A., Supriyanto, J., & Munadi, A. (2023). KONSEP AL-HAYA’ DALAM PERSPEKTIF HADIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 22(2), 489–510. https://doi.org/10.30631/tjd.v22i2.354