TELAAH KITAB TAFASSERE BICARA UGINA SURAH ‘AMMA KARYA AGH. MUHAMMAD AS’AD SENGKANG

Authors

  • Nur Adinda Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia
  • Ida Kurnia Shofa Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Ghifari Institut Daarul Qur'an Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v22i2.363

Keywords:

Tafasere Bicara Ugina Surah Amma, AGH. Muhammad As’ad, Tafsir bahasa Bugis

Abstract

This article examines one of the tafsir books compiled by AGH. Muhammad As'ad, one of the Indonesian clerics who is influential in South Sulawesi. The book of tafsir is entitled Tafasere Bicara Ugina Surah ‘Amma. This tafsir is among the first tafsir written using Lontarak script and in Bugis language, so this tafsir book provides a new nuance in the history of the study of al-Qur'an tafsir in South Sulawesi. The book of tafsir was translated into Indonesian by AGH. As'ad students, Sjamsoeddin Singkang. The book Tafasere Tafasere Bicara Ugina Surah ‘Amma is classified as a book that has little exposure to the general public, so no research has been found that examines this book of tafsir. This research aims to examine the characteristics, background of interpretation, sources, methods and styles used by AGH. As'ad in interpreting the Koran. This type of research is library research using descriptive analysis methods. From this research it can be seen that the Bugis community was the main target for writing the book Tafasere Bicara Ugina Surah ‘Amma because the community's understanding there is still very limited and there are still many ritual practices that are not in accordance with Islamic teachings and beliefs. As for the source of AGH interpretation. As'ad uses the bi al-ray tafsir method. From a methodological aspect, this interpretation uses the ijmali method with simple interpretation. The breadth of explanation falls into the category of bayani interpretation. The targets and order of verses are interpreted using the maudhu'i verse method. The style of interpretation tends to be towards faith and divinity, making it fall into the category of interpretation of the i'tiqadi style.

Artikel ini mengkaji salah satu kitab tafsir yang disusun oleh AGH. Muhammad As’ad, salah satu ulama Nusantara yang berpengaruh di Sulawesi Selatan. Kitab tafsirnya diberi judul Tafasere Bicara Ugina Surah Amma. Tafsir tersebut termasuk tafsir pertama yang ditulis menggunakan aksara Lontarak dan berbahasa Bugis sehingga kitab tafsir ini memberikan nuansa baru dalam sejarah kajian tafsir al-Qur’an di Sulawesi Selatan. Kitab tafsir diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh murid AGH. As’ad, Sjamsoeddin Singkang. Kitab Tafasere Bicara Ugina Surah Amma tergolong kitab yang kurang terekspos di masyarakat umum, sehingga belum ditemukan penelitian yang mengkaji kitab tafsir ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik, latar belakang penafsiran, sumber, metode dan corak yang digunakan AGH. As’ad dalam menafsirkan al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa masyarakat Bugis menjadi sasaran utama penulisan kitab Tafasere Bicara Ugina Surah ‘Amma karena pemahaman masyarakat di sana masih sangat terbatas dan masih terdapat banyak praktik ritual yang tidak sesuai dengan ajaran dan keyakinan Islam. Adapun mengenai sumber penafsiran AGH. As’ad menggunakan metode tafsir bi al-ray. Dari aspek metolodogi, tafsir ini menggunakan metode ijmali dengan penafsiran sederhana. Keluasan penjelasan masuk pada kategori tafsir bayani. Adapun sasaran dan tertib ayat yang ditafsirkan menggunakan metode maudhu’i ayat. Corak penafsiran cenderung mengarah ke arah keimanan dan ketuhanan menjadikannya termasuk kategori tafsir corak i’tiqadi.

References

Aguswandi. 2018. “Kontribusi AGH. Muhammad As’ad Terhadap Pengembangan Dakwah Di Sengkang Kabupaten Wajo (Suatu Kajian Tokoh Dakwah).” Al-Khitabah: Jurnal Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam 5 (2).

Aisyah, Siti. 2016. “Epistemologi Tafsīr Qur`an Karīm.” UIN Sunan Kalijaga.

Al-Fayumīy, Murshīy Ibrāhīm. 1980. Dirāsah Fī Tafsīr Al- Mawḍū‘Īy. Kairo: : Dār al-Tawdiwiyah al-Tabaah.

Al-Razi, Muhammad Fakhruddin. 1981. Mafaatiihu Al-Ghaib. Beirut: Dar al-Fikr.

Arief, Syamsuddin. 2007. “Aktor Pembentuk Jaringan Pesantren Di Sulawesi Selatan 1928-1952.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 10 (2): 185–95. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n2a5.

Ayu Lestari, Lela Anggraini. 2022. “Survei Tafsir-Tafsir Sunda.” In Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir Di Indonesia, 52. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Aziz, A, and D Sofarwati. 2021. “Kajian Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab.” BAHTSUNA.

Baharuddin, Dr. M. Nasir. 2019. “AG. H. MUHAMMAD AS’AD AL-BUGISI DAN KARYA TULISNYA.” Fakultas Agama Islam Universitas Islam Makassar, August 2019.

Baidowi, Ahmad. 2020. “Dinamika Penafsiran Al-Qur’an.” In Tafsir Al-Qur’an Di Nusantara. Yogyakarta: Asosiasi Ilmu Alquran & Tafsir se-Indonesia.

Gaffar, Suyuti, and Muhammad Takbir M. 2018. “Modernisasi Pendidikan Islam Abad Ke 20 Di Sulawesi Selatan.” EL-Hikmah: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 12 (1). https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.242.

Gusmian, Islah. 2003. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Jakarta: Teraju.

———. 2010. “Bahasa Dan Aksara Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia Dari Tradisi, Hierarki Hingga Kepentingan Pembaca.” Tsaqafah 6 (1). https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v6i1.136.

H. M. Sabit. AT. 2012. “Gerakan Dakwah H. Muhammad As’ad Al Bugisi.” UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13713/1/Gerakan dakwah H. Muhammad As%27ad al-Bugisi.pdf.

Hakim, Lukmanul, and Pipin Armita. 2017. “Munasabah Ayat Dalam Surat An-Naba’ (Analisis Metodologi Penafsiran Abdullah Darraz Dalam Kitab An-Nabau Al-Azhim Nazharatun Jadidatun Fi Al-Quran).” Jurnal An-Nida’ 41 (2).

Hamang, M. Nasri. 2016. “Metodologi Tafsir Alquran Berbahasa Bugis Karya Agh Muhammad Abduh Pabbajah.” Al-Qalam 19 (1): 135. https://doi.org/10.31969/alq.v19i1.225.

Hasyim, Abdul Wahid. 2016. “A.G. H. Muhammad As’ad Di Sengkang Kabupaten Wajo (Suatu Kajian Tokoh Pendidikan Islam).” UIN Alauddin Makasar. UIN Alauddin Makasar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1178/1/rezki.pdf?cv=1.

Idris, Djamaluddin M. 2016. “A.G.H. Muhammad As’ad Abd. Rasyid : Studi Tentang Pemikiran Keagamaan Dalam Merespon Paham Masyarakat Pluralistik.” Istiqra’ III (2). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/257/230.

Ilham. 2017. “Konsep Pendidikan Kader Ulama Anregurutta Muhammad As’ad Al-Bugisi (1907-1952).” Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Kaharuddin. 2015. “Pesantren As’ Adiyah Sengkang Pada Masa Kepemimpinan K. H Muhammad Yunus Martan (1961-1968).” Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/12807/.

Machasin, Dkk. 2019. Islam Dalam Goresan Pena Budaya. Edited by dan Ening Herniti Syifa’un Nafsiyah, Thoriq Tri Prabowo, Sujadi. Yogyakarta: DIVA Press.

Miswar, Andi. 2017. “Pelestarian Budaya Lokal Di Sulawesi Dengan Tafsir Berbahasa Bugis Telaah Fungsional Dan Metodologi Tafsir Al-Munir Dan Tafsir Akorang Mabbasa Ugi).” In Prosiding Islam and Humanities (Islam and Malay Local Wisdom).

Moch. Ziyadul Mubarok. 2017. “Mengenal Corak Tafsir ’Aqa’id (Ideologis).” Jurnal Samawat 1 (1).

Mukjizah, Bahaking Rama, Asgar Marzuki. 2023. “Mahkota Sejarah: Jejak Pendidikan Islam Di Sulawesi Pada Masa Awal.” Jurnal Ilmu Pendidikan 1 (2): 243–53.

Mursalim. 2014. “Vernakulisasi Al-Qur’an Di Indonesia (Suatu Kajian Sejarah Tafsir Al-Qur’an).” Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan XVI (1).

Nadia, Matsna Afwi. 2023. “Epistemologi Tafsir Qur’an Karim Karya Mahmud Yunus.” Tanzil: Jurnal Studi Al-Qur’an 5: 113–30.

Nasir, M. Ridlwan. 2003. Memahami Al-Qur’an Perspektif Baru Metodologi Muqarin. Surabaya: CV. Indra Media.

Nasution, faizah. 2020. “Sejarah Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Indonesia.” Sejarah Dan Kebudayaan Islam 9 (1): 38–39.

Pasanreseng, Muh.Yunus. 1992. Sejarah Lahir Dan Pertumbuhan Pondok Pesantren “As’adiyah” Sengkang. Sengkang:Pimpinan Pusat As’adiyah,1982.

S, M Resky. 2019. “AGH Muhammad As’ad, Mahaguru Para Ulama Kharismatik Sulawesi Selatan - Pecihitam.Org.” Pecihitam, 2019. https://pecihitam.org/agh-muhammad-asad-mahaguru-para-ulama-kharismatik-sulawesi-selatan/.

Singkang, KH. Moeh. As’ad. 1948. Tafasere Bicara Ugina Surah ‘Amma. Sengkang: Abd. Kadir Massoweang.

Taqwa, Taqwa, and Muhammad Irfan Hasanuddin. 2020. “Anregurutta H.M. As’ad Dan Genealogi Studi Islam Asia Tenggara Di Tanah Bugis Abad 20.” Palita: Journal of Social Religion Research 5 (2). https://doi.org/10.24256/pal.v5i2.1606.

Yusuf, Muhammad. 2010. “Perkembangan Tafsir Al-Qur’an Di Sulawesi Selatan (Studi Kritis Terhadap Tafsere Akorang Mabbasa Ogi Karya Majelis Ulama Sulawesi Selatan).” UIN Alauddin Makassar.

———. 2012. “Bahasa Bugis Dan Penulisan Tafsir Di Sulawesi Selatan.” Al-Ulum 12 (2).

Zakka, Umar, and M Thohir. “Pemetaan Baru Metode Dan Model Penelitian Tafsir.” AL-THIQAH : Jurnal Ilmu Keislaman 4, no. 2 (2021): 92–105.

Zaini, Muhammad. 2012. “Sumber-Sumber Penafsiran Al-Qur’an.” Substantia 14 (1): 29–36. http://substantiajurnal.org/index.php/subs/article/view/84/82.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Adinda, N. ., Shofa, I. K. ., & Ghifari, M. . (2023). TELAAH KITAB TAFASSERE BICARA UGINA SURAH ‘AMMA KARYA AGH. MUHAMMAD AS’AD SENGKANG. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 22(2), 458–488. https://doi.org/10.30631/tjd.v22i2.363