TREND BEAUTY MENURUT AL-QUR’AN
Analisis QS. Al-Nisa’ Ayat 119 Dan QS. Al-Rum Ayat 30 Perspektif Quraish Shihab
DOI:
https://doi.org/10.30631/tjd.v23i1.441Keywords:
Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Trend KecantikanAbstract
Trend beauty (kecantikan) termasuk dalam fenomena yang mengalami evolusi dan perubahan yang disebabkan adanya perkembangan media dan masyarakat. Sebagai manusia pasti menginginkan pribadinya secara lahir maupun bathin memiliki nilai keestetikan. Sedangkan hal ini identik sekali dengan wanita. Dalam upaya pemenuhan mempercantik diri, klinik kecantikan menyediakan fasilitas bagi para pemburu trend beauty tersebut. Eyelash extension (tanam bulu mata), nail art (seni hias kuku), dan sulam alis kini menjadi trend beauty yang digandrungi para wanita. Dalam menanggapi persoalan ini penulis akan merujuk pada perspektif Quraish Shihab berdasarkan Q.S. An-Nisa’ ayat 119 dan Q.S. Ar-Rum ayat 30. Dalam Tafsir Al-Misbah, Quraish Shihab menggunakan pendekatan yang berbeda untuk menjawab pertanyaan ini. Adapun jenis penelitian ini adalah library research atau penelitian yang bersifat kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Penulis menggunakan dua sumber rujukan yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Adapun hasil dari pembahasan ini adalah Quraish Shihab menyatakan bahwa ketiga trend beauty yang disebutkan di atas tidak termasuk dari larangan yang mutlak karena dalam penggunaannya tidak terdapat unsur yang menyatakan bahwa mengalihkan atau menghilangkan fungsi tubuh manusia. Namun dalam proses penyelesaian jurnal ini, penulis juga menyajikan beberapa argument terkait tentang trend beauty menurut ulama-ulama yang berbeda. Dengan begitu pada akhir pembahasan mendapatkan hasil akhir yang bisa dijadikan sebagai dasar ilmu dalam menanggapi fenomena trend beauty tersebut.
References
Al-Mahami, Muhammad Kamil hasan. Cantik Islami Sosok Muslimah Yang Dinanti. Jakarta: Almahira, 2006.
Ali bin Ahmad Al-Wahidi Al-Naisaburi Abu Al-Hasan. Asbabun Nuzul Al-Qur’an. Beirut: Dar Al-Kitab Al-Jadid, 1969.
Aliasyadi. “1.” Fashion and Beauty Perspektif Hukum Islam 11 (2017): 21.
Amari, Rizqa Oktavia. “Konsep Cantik Dalam Al-Qur’an (Tafsir Tematik Analisis Body Image),” 2023, 31–41.
Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. “Jami’’ Al-Bayan An-Ta’wil Ayi Al-Qur’an".” 1st ed. Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.
Departemen, Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. 63:4. Semarang: PT. karya Thoha Putra, 1995.
Herni, Kusantati, and Dkk. Tata Kecantikan Kulit Untuk Sekolah Menengah and Kejuruan. Jakarta: : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan., 2008.
Hidayah, Nurul, and Mari Okatini. “Peranan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Nail Art.” JTR-Jurnal Tata Rias 6, no. 6 (2014): 15–20.
Iman, Muis Sad. Pendidikan Partisipatif Menimbang Konsep Fitrah Dan Progresivisme John Dewey. Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2003.
Jalaluddin Abi Abdurrahman As-Suyuthi. Asbab An-Nuzul. Beirut: Muassasah Al-Kutb Ats-Tsaqafiyyah, 2002.
Kamil, Miftahudin. “Tafsir Al-Mishbah Quraish Shihab Kajian Aspek Metodologi.” University Malaya Malaysia, 2007.
Khoiriyah, Siti. “Pendapat MUI Kota MalangTerhadap Jasa Extention Bulu Mata Di Salon Deshita Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.
Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an, n.d.
Nata, Abuddin. Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikaan Islam Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Netti, Misra. “Pelarangan Transgender Menurut Buya Hamka.” Jurnal An-Nahl 9, no. 1 (2022): 32–34.
Nizlah, Ni’matun. “Analisis Hukum Islam Terhadap Nikah Mut’ah Menurut M. Quraish Shihab,” 2008, 4. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11750/.
Nur salsabila, Gyna. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemasangan Nail Art / Kutek Halal,” no. 8.5.2017 (2022): 2003–5. www.aging-us.com.
Nurdini, Imas. “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Upah Karyawan Tanam Bulu Mata Di Lopyou Salon Rancaekek Kabupaten Bandung.” Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.
Nurjanahi, Uul. “Konsep Fitrah Manusia Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pendidikan Islam.” UIN Suka Yogyakarta 2 (2017): 43.
Octaviani, Intan, and Siti Fatimah. “Trend Kecantikan Perempuan Di Indonesia Pada Era Digital 4.0.” Kronologi 5, no. 1 (2023): 279.
Putri, Mutia; rahmiati Rahmiati; Dewi, Muharika; Irfan, Dedy. “Praktikalitas Penggunaan E-ModulDalam Pembelajaran Nail Art.” Jurnal Riset Tindakan Indonesia (Universitas Negeri Padang), 2022, 17.
Putri, Mutia, Rahmiati Rahmiati, Muharika Dewi, and Dedy Irfan. “Praktikalitas Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Nail Art.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7, no. 1 (2022): 60. https://doi.org/10.29210/30031508000.
Rajafi, Ahmad. Nalar Fiqh Muhammad Quraish, 2014.
Rohmatussyarifah, Rida. “Pengaruh Perbandingan Jumlah Cat Kuku Bening Terhadap Hasil Jadi Cat Kuku Berwarna” 06 (2017): 125.
Sari, Tri Arum. “Fitrah Manusia Menurut Surat Al-Rum Ayat 30 Dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam.” Skripsi, 2018, 60.
Sari, Y.P. Keterampilan Nail Art Melalui Pelatihan Bagi Siswa Kelas XI Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 6 Surabaya. 1st ed. Surabaya, 2012.
Sari, Yosnita Olga. “Merubah Ciptaan Allah Dalam Alquran (Studi Komperatif Menurut Imam Ibn Katsir Dan Imam Al Tabari),” 2019, 1–80.
Shofa, Ida Kurnia. “KONSEPSI SUJUD DALAM AL-QUR’AN (Analisis Komparatif Surah Al-Baqarah: 34 Dan Al-Kahfi: 50 Perspektif Sayyid Quthb Dan Imam Al-Qurthubi).” Journal of Indonesian Tafsir Studies 2, no. 1 (2020): 17. http://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/at-taisir/article/view/33.
———. “Paradigma Abu Al-Fadl Bin ’Abd Al-ShakurTerhadap Hukum Fikih Ibadah Dalam Tafsir Ayat Al-Ahkam Min Al-Karim.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.
Shofa, Ida Kurnia, and Mohammad Arif. “Signifikansi Hukum Qishas Dengan Pendekatan Ma’na Cum Maghza.” Journal of Indonesian Tafsir Studies 01, no. 1 (2020): 2.
Tuwio, Namuri Migo, Indrayani, Refita Ika, Wijaya, P.G Wisnu. “Paradigma Kecantikan Dalam Iklan Produk Citra Beauty Lotion Tahun 1994-2022” 3 (2023): 12.
Wartini, Atik. “Corak Penafsiran M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 11, no. 1 (2014): 109. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i1.343.109-126.