KRITIK TERHADAP KONSEP TANZIL NASR HAMID ABU ZAYD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STATUS AL-QUR’AN

Authors

  • muzayyin bdws IAINU Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v17i2.69

Keywords:

Tanzil, Al-Qur’an, Hermeneutika Liberal, Rasionalisme, lawh mahfuz

Abstract

This paper intends to present Tanzil Nasr Hamid Abu Zayd's ideas or concepts and their implications for the status of the Qur'an, to then provide adequate criticism of it. In the first section, the concept of Tanzil, according to Nasr Hamid, which was later imitated by several Indonesian thinkers, will then seek relevance to the ideas put forward by Orentalis. The second part, the implication of the concept of Tanzil Nasr Hamid on the status of the Qur'an, which in it breaks down the new terms of the Qur'an are cultural products (muntaj thasaqafi), Producers of Culture (muntij thasaqafi) and language texts (lashawi nash) the third part is followed by a critical analysis of the concept of Tanzil Nasr Hamid and the implications of Nasr Hamid's tanzil concept on the status of the Qur'an.

 Tulisan ini bermaksud untuk memaparkan gagasan atau konsep Tanzil Nasr Hamid Abu Zayd dan Implikasinya terhadap status Al-Qur’an, untuk kemudian memberikan kritik yang memadai terhadapnya. Pada bagian pertama, akan dipaparkan tentang konsep Tanzil menurut Nasr Hamid yang kemudian ditiru oleh beberapa pemikir Indonesia, baru kemudian mencari relevansinya dengan gagasan yang dikemukakan oleh Orentalis. Bagian kedua, Implikasi konsep Tanzil Nasr Hamid terhadap status Al-Qur’an, yang didalamnya mengurai terma-terma baru tentang al-Qur’an adalah produk budaya (muntaj thasaqafi), Produsen Budaya (muntij thasaqafi) dan teks bahasa (nash lughawi).bagian ketiga ialah dilanjutkan dengan analisis kritis terhadap konsep Tanzil Nasr Hamid dan Implikasi konsep tanzil Nasr Hamid terhadap status al-Qur’an.

References

A. Athaillah, 2010, Sejarah Al-Qur’an Verivikasi Tentang Otentisitas Al-Qur’an, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Abd Moqsith Ghazali,dkk, 2009, Metodelogi Studi Al-Qur’an,(Jakarta: GEMA INSANI)
Abdur Rahman al-Bagdadi, 2005, Al-Qur’an Mukjizat yang Abadi, AL-INSAN Jurnal Kajian Islam, Edisi 1, Gema Insani, Januari.
Adian Husaini dan Hendri Salahuddin, 2004, Studi Komparatif: Konsep al-Qur'an Nashr Hamid dan Mu'tazilah, Majalah Islamia, Thn 1 No. 2/Juni-gustus.
Adnin Armas, 2010, Filsafat Hermeneutika dan Dampaknya Terhadap Studi al-Qur’an, INSISTS, Kumpulan Makalah Peneliti Insists.
Aksin Wijaya, 2009, Arah Baru Studi Ulum Al-Qur’an Memburu Pesan Tuhan di Balik Fenomena Budaya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
at-Thabrani, 1983, Mu'jam al-Kabir, Juz 12,(Maktabah al-'Ulum wa al-Hikam)
Bin Shafie, Ahmad Bazli, 2004, A Modernist Approach to the Qur’an: A Critical Study of the Hermeneutics of Fazlur Rahman, (A Thesis sutmitted in partial fulfillment of requirement for the degree of doctor of philosophy in Islamic thought), International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC), International Islamic University Malaysia (IIUM), belum dipublikasikan,
Carl Gustav Jung, 1988, Psycology and Religion (New Haven, Yale University Press)
Fahmi Salim, 2010, Kritik Terhadap Studi Al-Qur’an Kaum Liberal, (Jakarta:Perspektif)
Fahruddin Faiz, 2005, Hermeneutika Al-Qur’an Tema-Tema Kontroversial, (Yogyakarta: eLSAQ)
Fakhr al-Din al-Razi, 1425 H/ 2005 M. Mafatih al-Ghaib, Jld. VI, Dar al-Fikr, Beirut, Cet. Pertama
Hamid Fahmy Zarkasyi , 2009, Liberalisasi Pemikiran Islam, (CIOS-ISID-Gontor)
Hamid Fahmy Zarkasyi, 2012,Mengidentifikasi Teori Liberalisasi, Majalah Islamia, Volume. VI, No.1)
Hendri Salahuddin, 2007, Al-Qur’an Dihujat, (Jakarta:AL QALAM)
http://www.insistnet.com/index.php?option=com_content&view=article&id=46%3Akritik-terhadap-teori-al-quran-nasr-hamid-&catid=8%3Aadnin-armas&Itemid=2
Ibn Katsir, 1999, Tafsir al-Qur'an al-'Adzim, Juz I, (Daar Thayyibah)
Imam al-Zarkasyi dalam kitabnya al-Burhan fi’Ulum al-Qur’an (Darul al-turath, Kairo)
Jalaluddin As-Suyuti as- Syafi’i,, 2005, Al-Itqan Fi Ulum al-Qur’an, (Beirut: Darul fikr),
Lalu Nurul Bayanil Huda, 2010, Konsep Teologi Nasr Hamid Abu Zayd Dan Implikasinya Terhadap Konsep Wahyu, Tesis tidak diterbitkan. (ISID, GONTOR. Ponorogo)
M. Quraish Shihab, 2002, Tafsir Al-Misbah, Cet.1 (Jakarta: Lentera Hati)
M.M. Al-A’zami, 2005, The History of The Qur’anic Text From Revelation to Compilation: A Comperative Study With the Old and New Testaments, (Jakarta: Gema Insani, 2005)
Manna’ Khalil al-Qattan, 2007, Studi Ilmu-ilmu Qur’an, Terj: Mudzakir AS (Bogor: Pustaka Lentera AntarNusa)
Moch Nur Ichwan, 2003, Meretas Keserjanaan Kritis Al-Qur’an Teori Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd, (Jakarta: TERAJU)
Mohammad Arkoun,dkk. 2002, Al-Qur’an Dimata Barat: Sebuah Studi Evaluatif,” Al-Qur’an Buku Yang Menyesatkan dan Buku Yang Mencerahkan, (Bekasi: Gugus Press)
Muhammad ‘Abd al-Adzim az-Zarqani,1995, Manahil al-‘Irfan fi Ulum al-Qur’an (Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi)
Muhammad Ali al-Shabuni, 1405 H/1985 M, al-Tibyan fi ‘Ulum Al-Qur’an, (Alam al-Kutubu Beirut, Cet. Ke-1
Muhammad Naquib al-Attas, 1995, Prolegomena To The Metaphysics of Islam, (Kuala Lumpur, Malaisia: Prospecta)
Nasr Hamid Abu Zayd dan Ester R. Nelson, 2004, Voice of an Exile: Reflection on Islam, (London: Westport, Connecticut)
Nasr Hamid Abu Zayd, 2003, Kritik Wacana Agama, Terj. Khoiron Nahdiyyin. (Yogyakarta: LKiS)
Nasr Hamid Abu Zayd,1994, Mafhum al-Nas: Dirasah fi’ Ulum Al-Qur’an (Beirut: al-Markaz al-Thaqafi al-Arabi, edisi II).
Syaich Mahmoud Sjaltout, 1970, Islam Sebagai Aqidah dan Syari’ah, terj. Jilid V, (Jakarta: Bulan Bintang)
Wan Mohd Nor Wan Daud, 2002, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam, Terj.Hamid Fahmy.dkk (Bandung: Mizan)
Warner G. Jeanrond, 1991, The theological Hermeneutcs: Development and Significance, (New York: Crossroad)
Wawancara Gatra, 2004, Nomor 44 beredar Jum’at 10 September.
Werner Georg Kummel, 1972, The New Testament: The History of the Investigation of its Problems, Pen. S. McLean Gilmour dan Howard C. Kee (Tennessee: Abingdon Press)

Downloads

Published

2019-06-15

How to Cite

bdws, muzayyin. (2019). KRITIK TERHADAP KONSEP TANZIL NASR HAMID ABU ZAYD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STATUS AL-QUR’AN. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 17(2), 153–180. https://doi.org/10.30631/tjd.v17i2.69