ISLAM DAN KESETARAAN GENDER

Authors

  • jamaluddin arsyad Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN STS Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v13i2.12

Keywords:

Feminism, Maskulin, Patriarki, Ekspektasi, Emansipasi

Abstract

Gender adalah suatu konsep sosiologis yang mulai ramai diperbincangkan di awal tahun 1977, ketika sekolompok feminis di London tidak lagi memakai isu-isu lama seperti Patriarchal atau Sexist, tetapi menggantinya dengan wacana Gender (gender discourse). Sebelumnya istilah seks dan gender digunakan secara rancu. Karena persepsi yang berkembang di dalam masyarakat menganggap perbedaan gender (gender differences) sebagai akibat perbedaan seks (sex differences). Pembagian perean dan kerja secara seksual dipandang sesuatu hal yang wajar. Akan tetapi belakangan ini disadari bahwa tidak mesti perbedaan seks menyebabkan ketidak adilan gender (gender inequality). Artikel ini hendak mengungkap visi Islam tentang kesetaraan gender, yang dalam kenyataan masyarakat sering terjadi penyimpangan akibat bias gender.

References

Achmad Djunaidi dan Thobieb Al-Asyhar, Khadijah: Sosok Perempuan Karier Sukses, Bedah Wacana Gerakan Feminisme Dalam Islam, Jakarta: Mitra Abadi Press, 2006.

Allison Morris, Women Crime and Criminal justice, New York:Basic Black Well Ltd, 1987

A Nunuk P. Murniati. Getar Gender : Perempuan Indonesia Dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum, dan HAM, Magelang: Indonesiatra, 2004.

Departement Agama RI, Keadilan dan Kesetaraan Gender (Perspektif Islam), Jakarta, 2001.

John M. Echos dan Hassan Shadily, Kamus inggeris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1983.

Melani Budianta,’ Pendekatan Femenis terhadap wacana ‘ Dalam analisis wacana. Dari Linguistik Samapai Demokrasi. Yogyakarta: Kanal, 2002.

Mansour Fakih,Analisis Gender dan Transformasi sosial, Yogjakarta:Pustaka Pelajar, 1997

Nazaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Jender Perspektif al-Qur’an, Jakarta: Paramadina, 2001,

Romany Sihite,Perempuan, kesetaraan, dan Keadilan :Suatu Tinjauan berwawasan gender,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007

Suzanne J. Kessler dan Sita Aripurnami, Hak Reproduktif antara Kontrol dan Perlawanan: Wacana tentang Kebijakan Kependudukn di Indonesia, Jakarta: Kalyanamitra, 1999, hal. 16.

Suzanne April Brenner,The Domestication of Desire. Women, Wealth, and Modernity in Java, New Jersey: Princeton University Press, 1998,

Wendy McKenna, Gender: An Ethnomethodological Approach, New York: John Weley & Sons, 1977,

Victoria Neufeldt (ed), Webster’s New World D Ahmad Warson, al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresef, 1984ictionery, New York : Webster’s New World Clevenland, 1984.

Downloads

Published

2014-11-03

How to Cite

arsyad, jamaluddin. (2014). ISLAM DAN KESETARAAN GENDER. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 13(2), 327–344. https://doi.org/10.30631/tjd.v13i2.12