SURAH AL-KAHFI AYAT 65: Ilmu Laduni Perspektif Ulama Muslim

Authors

  • Tahmid Miftachurrozaq Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Waharjani Waharjani Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Djamaluddin Perawironegoro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Sarwono Noto Sudarmo Institut National Des Langues Et Civilisations Orientales, Paris, Perancis

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v22i1.338

Keywords:

Ilmu Laduni, Ulama Muslim, Al Kahfi ayat 65

Abstract

This study is a study of laduni science seen from various perspectives of Muslim scholars, with the background that not all stories in the Qur'an are arranged hierarchically as a giver of advice to mankind.. This study aims to provide an overview of the concept of laduni science from the perspective of Muslim scholars. This study uses a qualitative research design based on historical research and literature. Various reading materials, periodicals, and other references are used as data sources. The results of the study state that laduni knowledge is knowledge that is obtained without an intermediary between the soul and God. Nothing but the light that comes from a magic lamp that hits a clean, empty, and gentle heart A person who understands his own essence also understands his God. Laduni knowledge is not the result of magic that suddenly appears in someone's self; one must go through a process that is not easy to get this knowledge. Laduni knowledge is knowledge that comes directly from God without intermediaries, only from himself and God.

Kajian ini merupakan telaah ilmu laduni dilihat dari berbagai sudut pandang para cendekiawan muslim, dengan dilatarbelakangi tidak semua kisah dalam Al-Qur’an tersusun secara hirarkis sebagai pemberi nasehat kepada umat manusia. Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang konsep ilmu laduni dari perspektif cendekiawan muslim. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif berdasarkan penelitian sejarah dan literatur. Berbagai bahan bacaan, majalah, dan referensi lain digunakan sebagai sumber data. Hasil kajian menyatakan bahwa ilmu laduni adalah ilmu yang diperoleh tanpa perantara antara jiwa dengan Tuhan. Tak lain adalah cahaya yang berasal dari lampu ajaib yang menerpa hati yang bersih, kosong, dan lembut. Seseorang yang memahami hakikatnya sendiri juga memahami Tuhannya. Ilmu Laduni bukanlah hasil kesaktian yang tiba-tiba muncul dalam diri seseorang; seseorang harus melalui proses yang tidak mudah untuk mendapatkan ilmu ini. Ilmu Laduni adalah ilmu yang datang langsung dari Tuhan tanpa perantara, hanya dari dirinya sendiri dan Tuhan.

References

Aizzatun Nisak. “Peran Akal Dalam Memahami Pengetahuan Laduni (Telaah Atas Al-Risalah Al-Ladduniyyah Al-Ghazali).” Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, 2019.

Akso. “Metode Pendidikan Rihlah Dalam Perspektif Al-Qur’an: Perjelanan Pencarian Ilmu Nabi Musa a.s Kepada Nabi Khidhir a.S.” MODERATION: Journal of Islamic Studies Review 3, no. 1 (2023): 45–70.

Al-Ghazali. Al-Risalah Al-Ladunniyyah. Terj. Kase. Jakarta: Turos Pustaka, 2017.

Al-Qur’an Al Karim Dan Terjemahan. Yogyakarta: Gramasurya, 2015.

Aminah. “Konsep Ilmu Laduni Dalam Kisah Nabi Musa Dan Nabi Khidhir.” Jurnal Al-Fath 14, no. 2 (2020): 1–9.

Anita Fauziah, Ahmad Syamsu Rizal. “Implikasi Edukatif Kisah Nabi Musa Dan Nabi Khidir Dalam Qs. Al-Kahfi/18:60-82 (Studi Literatur Terhadap 5 Tafsir Mu’tabarah).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2019).

Assya’bani, Ridhatullah, and Ghulam Falach. “The Philosophy of Illumination: Esotericism in Shihāb Ad-Dīn Suhrawardī’s Sufism.” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 23, no. 1 (August 10, 2022). https://doi.org/10.14421/esensia.v22i2.2398.

Burhân ad-Dîn Abû al-Ḫasan al-Biqâ’î`. “Nadzm Ad-Durar Fî Tanâsub Al-Âyât Wa as- Suwar, Tahqîq : ‘Abd Ar-Razâq Al-Mahdî.” Beirut: Dâr Kutub al-‘Ilmiyyah, 1995.

Dhiauddin. “Aliran Filsafat Islam (Al-Hikmah Al-Muta’aliyah) Mulia Shadra.” Jurnal Nizham 1, no. 1 (2013).

Dozan, Wely. “Kajian Tokoh Pemikiran Tafsir Di Indonesia (Telaah Metodologi, Kontekstualisasi Terhadap Penafsiran).” Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 13, no. 2 (2020): 225–56.

El-Yunusi, Jihan Melikai. “Memahami Kandungan Al-Qur’an Menggunakan Metode Asbab Nuzul, Munasabah, Dan Siyaq.” IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI 7, no. 2 (2022): 40–48.

Famili, Jaya. “Nilai-Nilai Hikmah Dalam Kisah Pertemuan Nabi Musa AS Dan Nabi Khidhir AS (Studi Tafsir Tematik QS Al-Kahfi: 60-82).” UIN Raden Fatah Palembang, 2020.

Gunawan, Agung. “Pemikiran Mulla Sadra Tentang Al-Hikmah Al-Muta’alliyah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan.” Esamratul Fikri 13, no. 2 (2019): 165–84. http://riset-iaid.net/index.php/TF.

Hambali, R Yuli Akhmad, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Gunung Djati. “Tipologi Filsafat Islam Post Ibnu Rusyd.” Jurnal Filsafat 29, no. 2 (2019): 228–43. https://doi.org/10.22146/jf.48437.

Hasanudin. “Konsep Ilmu Laduni Dalam Upaya Penafsiran Al Qur’an.” Intitut PTIQ Jakarta, 2017.

Herni, Herni, Helda Helda, and Hayatun Nida. “Memahami Makna Dan Urgensi Asbab Annuzul Quan.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis 2, no. 2 (2022): 159–68.

Humaedah, Humaedah. “Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal PAI Raden Fatah 3, no. 2 (2021): 111–23.

Loeis, Wisnawati. “Dimensi Pendidikan Dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an.” Turats 11, no. 2 (2015): 30–39.

Muhammad Dwieky Cahyadien, and Aep Saepudin. “Implikasi Pendidikan Dari Al-Quran Surat Al-Kahfi Ayat 10 -16 Tentang Kisah Ketangguhan Iman Pemuda Ashabul Kahfi Terhadap Upaya Menanamkan Akidah.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (February 13, 2022): 127–36. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.548.

Muḫammad ibn ‘Îsâ at-Tirmidzî, Sunan at-Tirmidzî. Taḫqîq : Basysyâr ‘Awâd,. Beirut: Dâr Al-Gharb Al-Islâm, 1998.

Muḫammad Thâhir ibn ‘Âsyûr. At-Taḫrîr Wa at-Tanwîr. Juz 15. Beirut: Muassasah at- Târîkh al-‘Arabi, 2000.

Nurkhalis. “Pemikiran Filsafat Islam Perspektif Mulla Sadra.” Jurnal Substantia 13, no. 2 (2011).

Quthb, Sayyid. Tafsîr Fî Zhilâl Al-Qur‟an, Terj. M. Misbah Dan Aunur Rafiq Shaleh Tahmid. Cet 1. Jakarta: Robbani Press, 2009.

———. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an : Di Bawah Naungan Al-Qur’an. Edited by Muchotob Hamzah As’ad Yasin, Abdul Aziz Salim Basyarahil. Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Rahmansyah, Achyar Zein, Syamsu Nahar. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Ashabul Kahfi (Analisis Kajian Al-Qur’an Surah Al-Kahfi: 9-26).” EDU-RELIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 3, no. 4 (2019).

Rangkuti, Charles. “Science In Perspektif Of M. Quraish Shihab.” Jurnal Tarbiyah 29, no. 2 (2019): 2.

Rokhmah, Dewi. “Ilmu Dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 SE- (2021): 172–86. https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/article/view/124.

Salam, Safrin. “Rekonstruksi Paradigma Filsafat Ilmu: Studi Kritis Terhadap Ilmu Hukum Sebagai Ilmu.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 18, no. 2 (January 1, 2020): 885–96. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.511.

Sapitri, E. “Epistemologi Al-Ghazali Tentang Ilmu Laduni Dalam Kitab Risalah Al-Laduniyyah.” Manthiq V (2021): 86–101. https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manthiq/article/view/4387.

Shihab, M Quraish. Membumikan Al-Qur’an, Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2004.

———. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’I. VIII. Bandung: Mizan, 1998.

Shihab, Muhammad Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Silfi Nurmalia Latifah, Cecep Anwar. “Al-Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan.” In The 2nd Conference on Ushuluddin Studies, 8:387–402, 2022.

Situmeang, I. R. V. O. “Hakikat Filsafat Ilmu Dan Pendidikan Dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan.” IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora 5, no. 1 (2021): 76–92.

Sofwan, Nurkholis. “Pendekatan Sastra Dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an Perspektif Muḥammad Aḥmad Khalafullāh.” Alashriyyah 7, no. 01 (April 14, 2021): 55–71. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v7i01.136.

Sumadi, Eko. “Teori Pengetahuan Isyraqiyyah (Iluminasi) Syihabudin Suhrawardi.” Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 3, no. 2 (2015): 277–304.

Yazdi, Mehdi Ha’iri, and Ilmu Hudhuri. “Prinsip-Prinsip Epistemologi Dalam Filsafat Islam, Ter.” Ahsin Muhammad. Bandung: Mizan, 1994.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Miftachurrozaq, T. ., Waharjani , W. ., Perawironegoro, D. ., & Noto Sudarmo, S. . (2023). SURAH AL-KAHFI AYAT 65: Ilmu Laduni Perspektif Ulama Muslim. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 22(1), 78–101. https://doi.org/10.30631/tjd.v22i1.338